Cara mengatasi overheat pada Xiaomi Mi 4i dan beberapa tips lainnya seputar smartphone ini

1 comment

Setelah Xiaomi meluncurkan Xiaomi Mi 4, mereka kembali memunculkan smartphone terbaru mereka yakni Mi 4i pada bulan April lalu 2015, dan hal baiknya adalah anda sudah dapat mendapatkan smartphone ini di pasaran Indonesia, disamping itu juga Xiaomi dirumorkan akan segera merilis Xiaomi Mi 5.Hari ini saya tidak akan membahas tentang Xiaomi Mi 5, namun melainkan membahas tentang Xiaomi Mi 4i secara detail dari cara untuk backup, update, reset dan banyak lainnya.Mari saya menanya kepada anda terlebih dahulu, apakah anda seorang pengguna Xiaomi Mi 4i, jika ya apakah anda mengalami yang namanya overheat?Jika jawabannya tetap ya, maka anda mengalami hal yang sama dengan yang dialami oleh saya sendiri, namun hari ini saya akan memperlihatkan kepada anda sebuah cara untuk mengatasi overheat tersebut, dan cara ini tergolong cukup berhasil dengan nilai cukup baik yang sudah diuji coba oleh saya sendiri, meskipun masih terdapat beberapa bug dan lagi masih terjadi yang namanya overheat untuk beberapa aplikasi, namun tips ini akan membuat Xiaomi Mi 4i anda menjadi lebih baik dari pada sebelumnya walaupun tidak sempurna dengan cara melakukan update MIUI anda secara berturut-turut dari versi lama sampai versi terbaru yakni MIUI 6.6.2.0.Apakah anda tertarik?Mari kita mulai menjalani operasinya :

Perhatian : Resiko ditanggung oleh anda sendiri, saya disini hanya sekedar membagikan tips yang sudah saya lakukan uji coba dan berhasil dengan baik

Backup
Sebelum melangkah lebih maju, saya sangat menyarankan anda untuk mem-backup data anda, usahakan internal memory anda masih memiliki ruang untuk menyimpan data backup dan jangan khawatir data yang anda backup, bisa anda pindahkan ke PC ataupun Laptop.

Berikut cara untuk backup melalui Xiaomi Mi 4i anda :

Pada menu utama Xiaomi Mi 4i, klik pada Settings
Klik pada Additional settings dibawah Privacy
Klik pada Backup & reset yang terletak pada bagian paling bawah
Klik pada Local backups untuk melanjutkan pada proses backup
Klik pada Back up
Pilih apa yang ingin anda backup, kemudian tekan Back up
Proses backup pun dimulai
Setelah 100%, klik OK

Langkah diatas merupakan cara untuk membackup di Xiaomi Mi 4i, mungkin cara tersebut sama dengan versi Xiaomi sebelumnya.Setelah selesai backup mari kita menuju folder backup kita :

Pada menu utama halaman kedua
Klik pada Phone dalam kategori FOLDERS
Kemudian bukalah folder MIUI, baru dilanjutkan dengan membuka folder backup
Ini dia, data yang anda backup tadi, jika dibutuhkan anda bisa memindahkan folder ini ke dalam PC ataupun Laptop anda untuk menyimpan ruang internal memory anda

Setelah selesai melakukan backup mari kita lanjutkan operasinya,

Version history dan lainnya
Sebelumnya lakukan pengecekan terlebih dahulu versi MIUI anda :

Pada menu utama, klik pada Tools
Kemudian klik pada Updater
Seperti yang anda lihat, MIUI yang saya miliki adalah MIUI versi 6.6.2.0 dan merupakan versi terbaru untuk saat ini

Ada beberapa versi yang dimiliki Xiaomi Mi 4i yakni MIUI 6.5.6.0, MIUI 6.6.1.0 dan MIUI 6.6.2.0.Secara default bawaaan Xiaomi Mi 4i adalah MIUI 6.5.6.0, dan saya sangat menyarankan agar anda tidak melakukan update dan tetap menggunakan MIUI bawaan, kenapa?Karena setelah meng-update dari MIUI 6.5.6.0 ke MIUI 6.6.1.0 anda akan mengalami bug dalam masalah charging, kadang-kadang anda tidak bisa melakukan charging dan untuk mengatasi itu anda harus melakukan reboot phone anda dan bug lainnya adalah masalah overheat, saya tidak pasti dengan overheat untuk versi bawaan, karena saya sendiri memegang smartphone ini bersamaan update untuk ke versi MIUI 6.6.1.0 sudah tersedia, dan saya langsung melakukan update pada versi terbaru ini dan hasilnya cukup kecewa.Namun setelah user Xiaomi Mi 4i meng-komplain pada pihak Xiaomi bahwa dalam versi MIUI 6.6.1.0 terdapat bug, maka seketika itu pihak Xiaomi langsung menghilangkan link download untuk ke versi ini.


Pada section download Xiaomi Mi 4i, sekarang hanya tersedia link download untuk 6.5.6.0 :



Sampai disini mari kita menuju operasi utama kita,

Recovery dan Update
Silahkan download tiga versi Xiaomi MIUI untuk Mi 4i berikut terlebih dahulu :

- MIUI 6.5.6.0 : Download MIUI 6.5.6.0
- MIUI 6.6.1.0 : Download MIUI 6.6.1.0
- MIUI 6.6.2.0 : Download MIUI 6.6.2.0

Anda mungkin bertanya kenapa ada versi MIUI 6.6.2.0?Sama, saya sendiri juga akan bertanya-tanya seperti anda jika belum mengetahui secara detail-nya dan ya, saya sendiri tidak menerima update ini untuk Xiaomi Mi 4i saya, namun setelah menjelajahi forum Xiaomi lebih lanjut saya mendengar kabar bahwa versi ini tersedia untuk memperbaiki bug dalam masalah baterai dan overheat dengan merubah algorithma cara kerja smartphone Xiaomi Mi 4i ini.Namun kenyataannya tidak sesuai dengan harapan, beberapa user mengeluh bahwa daya baterai mereka terkuras dengan cepat bahkan dalam kondisi tidak sedang menggunakan smartphone ini.Dan lagi versi update ini hanya tersedia dalam waktu yang cukup singkat sehingga hanya beberapa user yang sempat meng-update ke versi ini.

Setelah semua itu dan disinilah keajabainnya, cara yang akan saya berikan adalah dengan meng-update ke versi MIUI 6.6.2.0 yang dikatakan user masih terdapat bug, but hey, ternyata tidak semua user mengalami kejadian buruk, salah satunya adalah saya sendiri.Sudah dua hari ini dalam versi ini, Xiaomi Mi 4i saya tetap berjalan dengan lancar dan bahkan menjadi lebih baik, dan mempunyai daya tahan baterai yang sangat bagus.(Kita akan melihat lebih lanjut, saya akan tetap memakai versi ini dan kedepannya saya akan meng-update artikel ini jika saya menemukan adanya bug ataupun ketidak keuntungan lainnya).Untuk memakai versi ini anda harus melakukan update, anda harus meng-download terlebih dahulu tiga versi MIUI yang saya berikan tadi dan simpanlah ke dalam Laptop anda, kemudian copy-kan versi MIUI 6.5.6.0 ke dalam Xiaomi Mi 4i anda dan juga rename menjadi 'update.zip' (ingat zip ini berada dalam internal memory dan tidak berada di dalam sebuah folder), setelah itu masuklah ke dalam recovery mode untuk memulai melakukan update, berikut langkah untuk masuk ke recovery mode :

Kembali ke Updater, kemudian klik pada '...'
Klik pada Reboot to Recovery mode
Reboot now
Xiaomi Mi 4i anda akan secara otomatis reboot dan masuk ke dalam recovery mode, klik language English dengan mengunnakan tombol volume dan power button untuk enter, berikut tampilannya :

Pilih English sebagai language
Pilih Install update zip to System pada MAINMENU
Konfirmasi YES untuk melanjutkan
Setelah itu kembalilah ke MAINMENU dan pilih Wipe & Reset
Pilih Wipe All Data
Konfirmasi YES (Ini dilakukan untuk menghapus semua data yang ada dalam Xiaomi Mi 4i anda, dan untuk mencegah hilangnya data anda maka lakukanlah backup terlebih dahulu dengan menggunakan tutorial diatas)
Lagi, kembalilah ke MAINMENU dan pilih Reboot
Reboot to System

Setelah reboot anda kembali disuruh untuk memilih bahasa, lokasi, setting Google account dan lainnya, layaknya kembali pada sewaktu anda menghidupkan Xiaomi Mi 4i anda pertama kalinya setelah pembelian.Sampai disini kembalilah mencolokkan kabel USB anda untuk terhubung dengan PC atau Laptop anda kemudian copy-kan kembali MIUI versi 6.6.1.0 ke dalam internal memory anda dan lagi masuklah kembali ke recovery mode dan lakukan update disana dan jangan lupa untuk melakukan Wipe All data anda, lakukan hal yang sama pada MIUI versi 6.6.2.0.Dan setelah menjalani semua itu, selamat anda telah berhasil memperbaiki bug overheat, charging dan masalah baterai.Cara ini berhasil untuk saya dan pasti juga akan berhasil untuk anda juga.Selamat mencoba, jika ada pertanyaan, kritik atau saran maupun tentang gambar pada artikel silahkan berikan komentar di bawah, terima kasih.

More about bugs & tips
Inilah bug yang saya temukan dalam melakukan uji coba :
- Dari versi MIUI 6.6.1.0 ke 6.5.6.0, sewaktu anda charging, anda tidak akan melihat adanya logo petir disamping baterai anda pada menu utama

Beberapa tips lainnya untuk mengatasi overheat :
- Jika anda masih mengalami overheat maka hapuslah Chrome browser anda, kenapa butuh dua browser?Jikalau satu browser sudah cukup

1 comment :